Dikarenakan pernikahan merupakan momen sekali seumur hidup, serta sangat istimewa dan sakral, maka sangat disarankan menggunakan jasa Wedding Organizer.
Dengan menggunakan jasa WO, susunan acara pernikahan akan disusun se-rapi dan sedetail mungkin.
Banyak pasangan sekarang lebih memilih untuk menggunakan jasa Wedding Organizer agar acara pernikahannya berjalan sesuai dengan keinginan dan lancar.
Alasan mengapa banyak pasangan yang menggunakan jasa Wedding Organizer karena hal ini :
- Merencanakan susunan acara pernikahan
- Mengkoordinasi pesta pernikahan
Dua hal tersebut sudah termasuk dalam mencari dan mengurus vendor, serta membuat anggaran biaya pesta pernikahan.
Buat kamu yang tertarik untuk menggunakan jasa WO, bisa banget untuk menyimak pembahasan artikel Kreathink kali ini.
Karena di artikel kali ini akan membahas beberapa hal mengenai jasa WO.
Lebih lanjut, simak pembahasan selanjutnya!
Baca Juga : Event Musik yang Selalu Ditunggu – tunggu Oleh Banyak Orang
Acara Pernikahan Lancar Karena Wedding Organizer
Menggunakan jasa dari Wedding Organizer merupakan hal yang tepat dilakukan oleh pasangan pengantin.
Hal ini dikarenakan jasa WO mengatur acara pernikahan terstruktur dan sedetail mungkin agar acara pernikahan bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala.
Bisa dikatakan pasangan pengantin tidak perlu lagi repot untuk turun tangan mengatur acara pernikahan, mereka hanya tinggal “terima bersih” saja.
Bagi kamu yang penasaran dengan dunia per-wedding organizeran, kamu bisa simak artikel Kreathink kali ini.
Karena di artikel kali ini akan membahas jasa Wedding Organizer, yang merupakan jasa paling dibutuhkan dalam acara pernikahan.
Lebih lanjut, simak pembahasan selanjutnya ya!
1. Jenis – Jenis Jasa WO
Perlu kamu ketahui, bahwa jasa WO memiliki beberapa jenisnya lho!
Kira – kira apa saja ya jenis dari jasa Wedding Organizer? Untuk tahu jawabannya, simak pembahasannya berikut ini!
a. Full Service
Jenis jasa Wedding Organizer yang satu ini menyediakan layanan yang sangat lengkap.
Dimulai dari hal perencanaannya sampai pelaksanaannya diatur oleh jenis jasa WO ini.
Jasa WO ini siap memberikan berbagai macam layanan ke pasangan pengantin untuk mengatur segala hal.
Mulai dari memilih tempat lokasi, mencari dekorasi, memilih catering yang enak makanannya, sampai mengatur acara pernikahan sedetail mungkin.
Jenis jasa WO ini cocok buat pasangan pengantin yang sibuk untuk mengurus acara pernikahan mereka.
Buat pasangan pengantin yang memiliki banyak permintaan, bisa banget pakai jenis jasa WO yang satu ini.
Tim WO akan siap membantu untuk untuk mewujudkan permintaanmu!
b. Day of Coordinator
Jenis jasa Wedding Organizer yang satu ini hanya berfokus untuk mengkoordinasikan kegiatan hari pernikahan saja.
Jasa WO jenis Day of Coordinator akan bergabung satu bulan sebelum acara pernikahan untuk merencanakan acara pernikahannya.
Hal tersebut dilakukan agar acara pernikahan bisa terorganisir dengan baik dan tentunya agar acara berjalan dengan lancar.
Tim WO akan bertugas untuk mengatur, menghubungi semua vendor, serta menyusun kebutuhan sampai acara pernikahan selesai.
Mereka juga akan memastikan bahwa semua susunan acara pernikahan berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan.
Jenis WO yang satu ini cocok bagi pasangan pengantin yang sudah merencanakan acaranya.
Namun memerlukan seseorang yang bisa menjalankan dan mengurus susunan rencana acara pernikahan dengan detail sebelum acara pernikahan.
c. Wedding Event Designer
Jenis Wedding Organizer yang satu ini berfokus pada aspek estetika serta visual acara pernikahan.
Tim WO akan bertanggung jawab untuk membuat konsep desain yang indah sehingga bisa mencerminkan visi dan gaya pasangan pengantin.
Jenis Wedding Event Designer ini sangat cocok bagi pasangan pengantin yang punya visi estetika tertentu.
Selain itu, ingin memastikan bahwa semua elemen visual dari acara pernikahan bisa selaras dan indah dilihat.
Baca Juga : Master of Ceremony, Si Pemandu Acara
2. Tugas dari WO
Mungkin kamu hanya mengetahui tugas dari WO hanyalah mengurus acara pernikahan agar berjalan lancar dan sesuai dengan rencana.
Padahal tugas Wedding Organizer lebih dari itu lho!
Pengen tahu apa saja tugas dari WO? Simak pembahasannya berikut ini!
a. Merancang Tema dan Konsep Acara Pernikahan
Sudah tugasnya WO untuk merancang tema dan konsep dari acara pernikahan.
Tim WO perlu berdiskusi terlebih dahulu dengan pasangan pengantin untuk membahas tema dan konsep yang diinginkan kedua pihak.
Jika tema dan konsep sudah ditentukan, maka tim WO akan menjelaskan dan memperlihatkan contoh acara pernikahan yang menggunakan tema dan konsep yang sama.
b. Melakukan Koordinasi dengan Pihak Vendor
Tugas WO selanjutnya yaitu melakukan koordinasi dengan pihak vendor yang sudah dipesan.
Tim WO akan bertanggung jawab penuh untuk memastikan bahwa semua vendor bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan pasangan pengantin.
Biasanya tim WO bekerja sama dengan berbagai macam vendor, sehingga nantinya pasangan pengantin tidak perlu ribet lagi untuk mencari vendor acara pernikahannya.
c. Menyusun Detail Biaya Anggaran
Selain menyusun susunan acara pernikahan, WO juga harus bisa menyusun rincian anggaran biaya sedetail mungkin.
Biasanya rincian biaya ini menyesuaikan dengan tema dan konsep pernikahan yang digunakan oleh pasangan pengantin.
Untuk melakukan tugas ini, tim WO harus bekerja sama dengan pasangan pengantin agar bisa membatasi keuangan untuk menyesuaikan tema dan konsep acara pernikahan.
d. Menentukan Lokasi Acara Pernikahan
Tim WO juga bertugas untuk menentukan lokasi acara pernikahan yang sesuai dengan tema, konsep, serta biaya anggaran.
Selain itu, tim WO juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa lokasi acara pernikahan sesuai dengan keinginan pasangan pengantin.
Tentunya tim WO juga harus meminta izin atau menyewa gedung acara pernikahan.
e. Menyelesaikan Pasca Acara Pernikahan
Engga hanya sebelum acara pernikahan saja yang diurus oleh tim WO, tetapi setelah acara pernikahan selesai juga harus diurus.
Biasanya tim WO akan menyimpan serta mengirimkan hantaran, mahar, dan kado ke rumah pengantin.
Selain itu, tim WO juga harus bisa menjaga keamanan kotak amplop dari tamu undangan dan menyimpannya di tempat yang aman.
Baca Juga : Inspirasi Tema Bazar yang Populer dan Sukses dalam Menarik Pengunjung
3. Struktur Tim WO
Dalam menjalankan tugas dan kewajibannya, WO harus membutuhkan tim untuk menjalankan kedua hal tersebut agar acara pernikahan yang dihandle tidak berantakan.
Berikut ini beberapa struktur tim Wedding Organizer yang perlu kamu ketahui :
a. Manager
Jabatan Manager merupakan jabatan yang paling tinggi di struktur tim WO, biasanya jabatan ini ditempati oleh pemilik jasa WO.
b. Admin
Admin biasanya berperan dalam hal administrasi, jabatan ini bertanggung jawab untuk mengatur jadwal pertemuan dengan klien.
Selain itu, Admin juga bertanggung jawab membuat invoice, merekap data produksi event, serta bertugas untuk mengingatkan klien mengenai jadwal pertemuan.
c. Project Officer
Jabatan Project Officer mempunyai peranan yang sangat penting untuk menyusun susunan acara pernikahan.
Selain itu juga melakukan koordinasi dengan vendor dan klien, serta menentukan tim pelaksana yang akan bertugas sesuai dengan persetujuan manajer.
Baca Juga : Event Organizer dan Sustainable Events: Menyelenggarakan Acara yang Ramah Lingkungan
Cari Wedding Organizer? Pakai Jasa Kreathink Saja!
Buat kamu yang pengen buat acara pernikahan, bisa banget pakai jasa wedding organizer dari Kreathink!
Di Kreathink engga hanya menyediakan jasa WO saja, Kreathink juga menyediakan jasa event organizer lho!
Kamu tertarik menggunakan jasa WO dari Kreathink? Hubungi langsung nomor kontak yang tertera di website Kreathink ya!
Atau bisa kunjungi langsung kantor Kreathink di Jalan Budi Pembangunan II No. 5A, Pulo Brayan, Kota Medan.